Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara scan dari Printer apa pun ke komputer Anda

Jika Anda ingin mempelajari cara memindai dokumen dari printer ke komputer Anda dalam beberapa menit, panduan ini cocok untuk anda. 

Berikut ulasannya.

Scan di Windows

scanner
Cara scan dari Printer apa pun ke komputer Anda

Jika Anda pengguna Windows, komputer Anda akan secara otomatis mendeteksi perangkat Anda setelah dicolokkan melalui port USB. Apakah printer Anda adalah perangkat nirkabel atau jaringan, Windows akan secara otomatis mendeteksinya, asalkan terhubung ke jaringan Anda atau ke koneksi Bluetooth komputer.

Namun, jika komputer Anda tidak mendeteksinya, Anda harus mengatur mesin secara manual.

Menambahkan pencetak secara manual

Sebelum memulai prosedur ini, Anda harus memastikan hal berikut: printer Anda memiliki daya, dihidupkan, dan terhubung ke komputer Anda. Jika Anda memiliki jaringan atau printer nirkabel, Anda juga harus memeriksa apakah itu terhubung ke jaringan yang sama dengan yang digunakan komputer Anda.

Setelah Anda memeriksa ulang hal di atas, coba mulai ulang printer Anda dan lihat apakah komputer Anda akan mendeteksinya sekarang. Jika masih tidak, maka mari kita lanjutkan dengan menambahkan printer Anda secara manual.

Pertama, klik tombol Start, lalu pilih settings. Di jendela Pengaturan, Buka Devices > Printers & scanners. Di bawah bagian Add printers & scanners, pilih tombol Add a printer or scanner. Tunggu komputer saat mencoba menemukan perangkat terdekat, baik yang terhubung langsung ke komputer Anda atau melalui jaringan.

Setelah komputer Anda mendeteksi semua perangkat terdekat, pilih yang ingin Anda gunakan dan klik add device. Ini kemudian akan secara otomatis menambahkan mesin Anda, dan Anda dapat memilihnya dari opsi pemindaian Anda nanti.

 Namun, jika itu tidak terjadi, klik tautan The printer that I want isn't listed. Windows kemudian akan membuka wizard untuk menambahkan printer Anda. Cukup ikuti petunjuk untuk menginstal perangkat Anda.

 Setelah menambahkan perangkat keras, Anda dapat membuka aplikasi untuk memulai pemindaian. Windows menawarkan dua cara scan dokumen; yang pertama adalah aplikasi Windows Fax and Scan lawas, dan yang kedua adalah aplikasi Windows Scan yang lebih baru. Kami akan menangani keduanya di bawah ini.

Windows Fax dan Scan

 Klik Mulai, lalu buka Windows Accessories > Windows Fax and Scan. Di jendela Faks dan pemindaian Windows, pilih new scan. Jendela pemindaian baru kemudian akan muncul. Pastikan Anda telah memilih perangkat yang benar di bawah pemindai. Jika tidak, klik Ubah... untuk memilih yang benar.

 Setelah Anda memilih perangkat Anda dan telah mengatur pengaturan pemindaian Anda, klik Pratinjau untuk mulai scan dan melihat bagaimana dokumen Anda akan muncul. Dan setelah Anda puas dengan hasilnya, klik Pindai untuk scan dan menyimpan gambar.

 Gambar yang disimpan kemudian akan muncul di jendela utama aplikasi Windows Fax and Scan. Jika Anda ingin mengakses file, biasanya disimpan di folder Documents > Scanned Documents.

Windows Scan

 Aplikasi ini biasanya tidak diinstal sebelumnya di Windows. Pertama-tama Anda harus pergi ke Microsoft Store, mencari Windows Scan, lalu mengunduh dan menginstalnya. Setelah diatur, Luncurkan dari menu Mulai Anda dengan mengklik Pindai.

 Jendela pemindaian baru akan muncul. Jika Anda memiliki beberapa Pemindai, pilih perangkat yang benar, pilih jenis File yang ingin Anda simpan pindaian, lalu tekan pratinjau. Anda kemudian akan melihat pemindaian Anda di jendela utama. Anda juga dapat menyesuaikan tepi file Anda dengan menyeret dan menjatuhkan lingkaran putih di sudut file Anda.

 Setelah Anda menyelesaikan pengaturan Anda, klik Pindai. Setelah file Anda dipindai, aplikasi akan menampilkan pop-up di bagian atas jendela yang memberi tahu Anda nama file pemindaian dan tempat penyimpanannya. Klik Lihat untuk membuka file di aplikasi foto, atau tekan tutup setelah selesai. Anda dapat mengakses file yang disimpan di folder Pictures > Scans.

 Scan di Mac

Jika Anda memiliki komputer Apple, Anda juga dapat scan dari printer multifungsi apa pun menggunakan perangkat Anda. Pertama, buka System Preferences > Printers & Scanners. untuk memeriksa apakah printer multifungsi anda diinstal pada sistem Anda. Anda akan melihatnya tercantum di kolom kiri; jika tidak, Anda perlu menambahkannya.

 Add printer

 Untuk melakukannya, klik tanda+. Jendela add printers kemudian akan muncul. Jika Anda menggunakan printer USB, printer akan muncul secara otomatis tercantum di jendela ini. Tetapi jika Anda menggunakan printer jaringan, Anda harus mengklik ikon IP dan mengaturnya menggunakan alamat jaringannya.

 Namun, jika perangkat Anda masih tidak ditemukan di jendela Tambah Printer, Anda harus mengunjungi situs web merek printer Anda dan mengunduh driver terkait.

 Memulai Pemindaian Anda

 Setelah perangkat diinstal di Mac, Printers & Scanners. Pilih perangkat yang ingin Anda gunakan, lalu klik tab Pindai. Anda akan melihat nama perangkat Anda di jendela utama, lalu di bawahnya, klik tombol open scanner.

 Jendela pemindai kemudian akan terbuka. Di bilah bawah, Pilih folder tempat Anda ingin menyimpan file yang dipindai, pilih ukuran kertas dokumen Anda, lalu tekan Pindai. Printer pertama-tama akan menjalankan pemindaian awal untuk menentukan dokumen yang digunakannya. Kemudian akan scan setiap dokumen yang dideteksi dan menyimpannya sebagai file terpisah.

 Untuk menemukan file yang baru saja Anda pindai, buka folder yang Anda pilih di paragraf sebelumnya.

 Penutup

Ini jelas merupakan ide yang baik untuk menyimpan salinan digital dari file fisik Anda yang paling penting. Ini bisa menjadi akte kelahiran Anda, judul properti, dan kontrak. Dengan begitu, bahkan jika Anda kehilangan dokumen asli, Anda masih memiliki akses ke salinannya untuk referensi anda.

 

Namun, di mana pun Anda menyimpan salinan ini, selalu pastikan bahwa itu di tempat yang aman. Jika Anda menyimpannya di komputer atau layanan penyimpanan cloud, pastikan itu dienkripsi. Dan jika Anda menyimpannya di server offline, amankan drive tersebut di brankas yang terkunci. Dengan begitu, barang-barang anda yang paling berharga, seperti identitas Anda, tidak dapat dengan mudah dicuri.

Post a Comment for "Cara scan dari Printer apa pun ke komputer Anda"