Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara mengosongkan ruang penyimpanan di HP Samsung

Cara mengosongkan ruang penyimpanan di ponsel Samsung Anda

Jika Anda kehabisan penyimpanan di ponsel Samsung Anda, Anda dapat menggunakan fitur bawaan yang disebut Storage Booster yang membantu membebaskan memori perangkat. Mari kita lihat bagaimana menggunakannya. Kami juga akan melihat bagaimana Anda dapat menghapus penyimpanan secara manual di ponsel Samsung Anda untuk pembersihan yang lebih dalam.

SAMSUNG

Kehabisan ruang di perangkat Samsung Galaxy Anda? Ada dua cara untuk membebaskan beberapa ruang ekstra

Kosongkan Penyimpanan Secara Otomatis Menggunakan Samsung Storage Booster

Menggunakan Storage Booster sangat mudah. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Settings > Battery and device care.
  2. Ketuk menu tiga titik, pilih  Storage booster, dan klik FREE UP. Ini akan melakukan tiga hal: delete duplicate images (jika ada), kompres (zip) aplikasi yang jarang digunakan, dan hapus file APK yang disimpan. Anda juga dapat memilih kategori yang Anda tidak ingin terpengaruh, atau masuk ke dalam satu dan pilih item individual untuk menghapus atau zip.

Anda juga dapat menggunakan Storage Booster untuk memindahkan beberapa aplikasi Anda ke kartu SD untuk membuat lebih banyak ruang di penyimpanan internal Anda. Pilih Move apps to SD card dan pilih aplikasi yang ingin Anda pindahkan. Setelah melakukannya, Anda mungkin menerima disclaimer, ketuk Confirm untuk melanjutkan.

Perhatikan bahwa fitur ini tidak ada pada ponsel Samsung yang tidak memiliki slot kartu SD. Bahkan jika ponsel Anda melakukannya, memindahkan aplikasi ke kartu SD terkadang dapat menyebabkan hilangnya data. Jadi, sebelum Anda melanjutkan, buat cadangan semua hal penting yang tersimpan di aplikasi yang Anda pindahkan.

Jika Anda memindahkan game, lihat apakah ada opsi di dalamnya untuk masuk ke Akun Google atau Facebook Anda untuk mencadangkan kemajuan Anda. Ada terlalu banyak cerita tentang orang-orang yang kehilangan semua kemajuan permainan mereka dengan cara ini dan harus memulai dari awal lagi.

Terakhir, Anda dapat menggunakan Storage Booster untuk secara otomatis menghapus file cache, folder kosong, dan data iklan yang disimpan di ponsel Anda pada waktu yang dijadwalkan. Aktifkan Auto delete unnecessary data yang tidak perlu dan ketuk menu yang sama untuk mengatur seberapa sering Anda ingin ini dilakukan; Pilih dari harian di tengah malam, mingguan, setiap 15 hari, atau bulanan. Anda juga bisa mendapatkan pemberitahuan ketika penghapusan terjadi.

Ada beberapa keluhan dari pengguna Samsung bahwa Storage Booster terkadang secara otomatis menghapus data aplikasi yang tidak dimaksudkan untuk dihapus. Itu sebabnya, jika hal yang sama mulai terjadi pada anda, yang terbaik adalah mematikan fitur Hapus otomatis.

Bersihkan penyimpanan secara manual di ponsel Samsung

Jika Anda masih tidak memiliki cukup penyimpanan internal setelah menggunakan Storage Booster, pertimbangkan untuk melakukan pembersihan manual. Untuk menghapus penyimpanan secara manual dari ponsel Samsung Anda, buka Settings > Battery and device care > Storage.

Di sini, Anda akan dapat melihat dengan tepat berapa banyak penyimpanan yang ditempati oleh jenis file dan aplikasi apa. Bertentangan dengan apa yang diyakini beberapa orang, sistem hanya membutuhkan persentase yang agak kecil dari total memori internal.

Aplikasi biasanya yang mengambil ruang paling banyak, jadi menyingkirkan yang tidak Anda butuhkan lagi dapat dengan cepat mengembalikan penyimpanan yang hilang. Tetapi sebelum Anda melakukannya, ingatlah untuk mencadangkan data penting apa pun yang mungkin dikandungnya sebelum Anda menghapus aplikasi ini dari ponsel Anda.

Pastikan juga untuk memindai gambar, video, dokumen, catatan suara, dan lagu lama yang tidak lagi Anda dengarkan dan hapus sebanyak yang anda bisa. Jika Anda ingin panduan yang lebih mendalam tentang melakukan ini, lihat cara mengosongkan ruang penyimpanan di perangkat Android Anda.

PENUTUP

Anda tidak boleh mengisi penyimpanan internal ponsel Anda sepenuhnya. Melakukan hal itu berarti tidak ada "ruang bernapas" yang tersisa bagi sistem untuk menjalankan fungsi normalnya dengan lancar yang dapat menyebabkan berbagai masalah. Misalnya, ponsel Anda mungkin menjadi sebagian tidak responsif, mulai lag, atau restart tanpa perintah eksplisit Anda.

Itulah mengapa merupakan kebiasaan yang baik untuk membersihkan penyimpanan Anda setiap tiga hingga enam bulan sehingga anda dapat menghapus file lama dan menghapus semua aplikasi yang tidak perlu yang mungkin telah Anda kumpulkan.

Post a Comment for " Cara mengosongkan ruang penyimpanan di HP Samsung "