Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

CARA MENGHENTIKAN INSTALL APLIKASI OTOMATIS PADA HP SAMSUNG

Jika Anda memiliki perangkat Samsung, Anda mungkin memperhatikan bagaimana ia cenderung mengunduh aplikasi bloatware secara otomatis tanpa izin Anda. Bagaimana cara mengatasinya?

Cara menghentikan ponsel Samsung Anda dari mengunduh aplikasi secara otomatis
Cara menghentikan ponsel Samsung Anda dari mengunduh aplikasi secara otomatis

Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah ini. Berikut adalah lima cara untuk menghentikan ponsel Samsung Anda menginstal aplikasi secara otomatis.

1. Menghapus Aplikasi Toko Galaksi Permissions

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menghentikan Galaxy Store mengunduh aplikasi secara otomatis adalah menghapus izin aplikasinya. Untuk melakukannya, buka Settings > Apps > Galaxy Store > Permissions.

Di sini, Pilih izin di bawah allow dan pilih Don't allow. Anda akan menerima peringatan setelah ini; cukup klik Don't allow anyway lalu continue. Lakukan hal yang sama untuk semua izin lainnya di bawah diizinkan.

Melakukan hal ini akan mempersulit aplikasi Galaxy Store untuk menggunakan sumber daya di ponsel Anda dan mengunduh file. Setelah Anda menghapus izin dan membuka aplikasi, itu akan sekali lagi meminta Anda untuk memberikan izin. Pastikan untuk klik Don't allow  pada pop-up untuk menolaknya.

2. Matikan Semua Pengaturan Aplikasi Galaxy Store

Selain menghapus izin, Anda juga dapat menonaktifkan semua pengaturan aplikasi Galaxy Store. Untuk melakukannya, mulailah dengan kembali ke halaman Info Aplikasi (Settings > Apps > Galaxy Store). Di sini, matikan pengaturan berikut:

  1. Matikan Remove permissions if app is unused.
  2. Klik  Set as default dan matikan Open supported links.
  3. Klik Mobile data dan matikan Allow background data usage dan Allow data usage while Data saver is on
  4. Klik Change system settings dan matikan  Allow permission
  5. Cari Install unknown apps lalu matikan Allow from this source.
  6. Ketuk App details in store, ketuk menu tiga titik di bagian atas halaman aplikasi yang terbuka dan batalkan pilihan auto update/Pembaruan Otomatis.

3. Batalkan pilihan aplikasi yang disarankan saat mengatur Galaxy Store

Jika ini pertama kalinya Anda membuka aplikasi Galaxy Store, Anda mungkin melihat halaman rekomendasi aplikasi yang dipasarkan sebagai "aplikasi populer untuk memulai". Hati-hati di sini; jika Anda terburu-buru melalui proses pengaturan, Anda mungkin akan mengunduh banyak bloatware di ponsel Anda.

Inilah yang harus dilakukan:

  1. Di bawah aplikasi mulai, Anda akan melihat daftar grup aplikasi. Setiap grup aplikasi akan memiliki satu atau beberapa aplikasi yang dipilih secara otomatis. Ketuk Edit di samping grup aplikasi dan batalkan pilihan semua aplikasi yang dipilih secara manual. Lakukan hal yang sama untuk semua grup aplikasi. Setelah selesai, ketuk Lanjutkan.
  2. Pada halaman Customize Profile,  klik skip.
  3. Setelah start-up, Anda mungkin melihat pop-up yang meminta Anda untuk memilih bahasa daerah Anda. Di bagian bawah, batalkan pilihan Receive notifications about new and exclusive content from Galaxy Apps dan klik done.
  4. Anda mungkin juga menerima pop-up berjudul "Marketing Choice". Jika demikian, ketuk cancel.

4. Matikan Pengaturan Dalam Aplikasi Galaxy Store

Selanjutnya, nonaktifkan pengaturan dari dalam aplikasi Galaxy Store. Buka aplikasi, Ketuk menu hamburger (tiga garis horizontal), dan ketuk menu Pengaturan (ikon roda gigi) untuk pergi ke Pengaturan Galaxy Store. Sekarang, ikuti petunjuk di bawah ini:

  1. Ketuk Auto update apps dan pilih never.
  2. Matikan Get news and special offers.
  3. Ketuk About Galaxy Store > Auto update Galaxy Store  dan pilih Using Wi-Fi only.
  4. Jika Anda sudah masuk, ketuk Customization Service; ini akan membawa anda ke halaman aplikasi yang disesuaikan. Di sini, batalkan pilihan semua aplikasi yang dipilih. Anda mungkin menerima peringatan untuk beberapa aplikasi; cukup ketuk sopt untuk melanjutkan.
  5. Selanjutnya, ketuk ikon kembali di layar untuk menuju ke halaman layanan kustomisasi. Hati-hati di sini; jika Anda kembali menggunakan tombol navigasi di perangkat atau gerakan menggesek, itu akan membawa Anda kembali ke halaman pengaturan utama. Anda harus mengetuk ikon panah kembali di bagian atas. Setelah berada di halaman layanan kustomisasi, matikan Customize this phone, Use mobile data, and Customized ads and direct marketing.
  6. Di halaman yang sama, klik Erase your data, ketuk erase lagi, ketik kata sandi Akun Samsung Anda, dan ketuk OK.
  7. Ketuk Stop customizing all devices, ketuk Stop all customization lagi, dan ketuk turn off untuk mengonfirmasi.

5. Berhenti menggunakan Galaxy Store sepenuhnya

Jika Anda masih mendapatkan aplikasi yang diunduh secara otomatis di perangkat Anda, maka upaya terakhir Anda adalah berhenti menggunakan Galaxy Store sama sekali. Namun sebelum Anda melakukannya, perlu diingat bahwa banyak aplikasi Samsung tidak tersedia di Google Play Store.

Jadi, jika Anda ingin terus memperbarui aplikasi Samsung, Anda harus mengaktifkan dan menjalankan Galaxy Store. Dan jika Anda menggunakan panel tepi di ponsel Samsung Anda, Anda juga tidak akan dapat mengunduh panel tepi pihak ketiga tanpanya. Tetapi jika Anda tidak peduli dengan semua itu, singkirkan toko.

Masalahnya adalah Anda tidak dapat menghapus atau menonaktifkan aplikasi Galaxy Store tidak seperti beberapa aplikasi Samsung pra-instal lainnya karena ini merupakan bagian integral dari One UI. Namun, masih ada cara lain untuk menghentikannya berjalan di latar belakang. Untuk melakukannya, buka halaman Info Aplikasi Galaxy Store, dan ikuti tips ini:

  1. Ketuk Force stop > OK.
  2. cari menu Storage > Clear data > OK.

Anda juga dapat memilih menu tiga titik di bagian atas halaman dan klik Uninstall updates > OK.  Ini akan menurunkan versi aplikasi kembali ke versi pabriknya, yaitu versi yang diinstal pada perangkat Anda sebelum menerima pembaruan apa pun. Melakukannya agak berisiko karena aplikasi dapat mengganggu penggunaan beberapa layanan Samsung yang memerlukan pembaruan rutin.

Penutup

Tidak ada yang suka melihat aplikasi bloatware yang tidak diinginkan muncul di layar mereka entah dari mana, terutama di ponsel dari perusahaan terkenal seperti Samsung. Ini membuang-buang penyimpanan, dan mengurangi masa pakai baterai. Jadi, cara terbaik Anda untuk mengatasinya adalah dengan mengikuti tips di atas.

Post a Comment for "CARA MENGHENTIKAN INSTALL APLIKASI OTOMATIS PADA HP SAMSUNG"