Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara memperkirakan sisa masa pakai SSD

Cara memperkirakan sisa masa pakai SSD Anda

Semua SSD memiliki masa pakai terbatas karena siklus penulisan. Inilah cara Anda memperkirakan kapan SSD tidak lagi dapat digunakan.

Sebagian besar komputer saat ini dilengkapi dengan solid-state drive, atau dikenal sebagai SSD. Ini karena mereka lebih cepat, lebih kecil, dan lebih efisien daripada hard disk drive (HDD).

SSD
 Cara memperkirakan sisa masa pakai SSD 


SSD umumnya lebih mahal daripada HDD lantaran manfaatnya yang memang lebih banyak. Namun, ada sedikit yang mengganggu, yaitu tentang masa pakai SSD. Sampai kapan SSD akan dapat selalu digunakan? untuk menjawabnya mari kita ulas beberapa hal di bawah ini.

Berapa umur rata-rata SSD Anda?

Tidak seperti HDD, SSD memiliki sejumlah kemungkinan penulisan sebelum drive rusak menjadi mode read only. Ini karena cara Perangkat Keras SSD dirancang untuk pengalaman pengguna yagng lebih baik. Kabar baiknya, sebagian besar pengguna tidak perlu khawatir tentang ini sama sekali. Ternyata, bahkan pengguna rumahan yang paling rajin pun perlu beberapa tahun untuk kehabisan siklus tulis, jadi jika Anda 

Terdapat cara untuk memperkirakan umur SSD Anda yang tersisa.

Rata-rata, SSD modern akan bertahan sampai Anda telah menulis sekitar 700tb data selama masa pakainya. Beberapa mungkin bertahan lebih lama, beberapa lebih pendek—ini hanya rata-rata. Jadi, jika Anda dapat melihat berapa banyak data seumur hidup yang telah Anda tulis pada SSD Anda saat ini, Anda dapat memperkirakan sisa umurnya.

Gunakan CrystalDiskInfo untuk memperkirakan umur SSD

CrystalDiskInfo adalah program kecil yang sangat berguna yang dapat Anda gunakan untuk memperkirakan sisa umur SSD Anda. Ini fitur informasi yang cukup bahwa itu benar-benar berguna dan tidak berlebihan, dan terbaik dari semua, itu benar-benar gratis untuk digunakan.

  • Instal dan luncurkan CrystalDiskInfo.
  • Lihat di bawah status kesehatan. Ini harus memiliki persentase kesehatan seperti baterai untuk memberi tahu Anda tentang sisa masa pakai SSD—semakin tinggi persentase status kesehatan, semakin lama SSD Anda akan bertahan.
  1. Di bawah status kesehatan, itu juga harus memberi tahu Anda kondisi SSD Anda. 
  2. Jika dikatakan baik, maka anda belum perlu khawatir.
  3. Namun, jika dikatakan hati-hati, itu berarti SSD merendahkan, dan Anda harus mencadangkan file Anda dan menggantinya sebelum terlambat.
  4. Jika dikatakan buruk, masa pakai SSD sudah berakhir, dan Anda akan beruntung jika berhasil jika belum gagal. Jika dikatakan hal lain, maka Anda mungkin ingin menyelidiki lebih lanjut—tetapi itu di luar cakupan posting ini.
  • Lihat di kanan atas untuk total penulisan Host (atau mungkin hanya penulisan Host tergantung pada versi Anda). Ini adalah berapa banyak total data yang pernah ditulis ke drive ini.

Jika Anda berada di sekitar tanda 400TB, misalnya, maka anda tahu bahwa Anda lebih dari setengah umur perangkat. Saat Anda mendekati 700TB, Anda pasti ingin memikirkan untuk mendapatkan drive cadangan untuk berjaga-jaga. Tapi jujur berbicara, itu akan mengambil tahun penggunaan berat bahkan mendekati jumlah itu!

Perkirakan sisa masa pakai SSD menggunakan Garansi dan jam MTBF

Sebagian besar produsen SSD memiliki garansi yang dapat Anda gunakan untuk memprediksi berapa lama SSD Anda mungkin akan bertahan minimal. Tentu saja, itu tidak berarti bahwa garansi akan mengungkapkan sisa hidup SSD Anda, tetapi itu bisa membantu Anda memperkirakan kemungkinan kegagalannya. Misalnya, SSD dengan garansi lima tahun atau 600TB TBW (total host Writes) mungkin akan bertahan lebih lama dibandingkan dengan SSD dengan garansi tiga tahun atau 200TB TBW.

Faktor lain yang dapat Anda gunakan untuk memperkirakan umur SSD Anda adalah jam MTBF (Mean Time Between Failures) yang disediakan oleh pabrikan di lembar spesifikasi.

Namun, itu tidak memprediksi berapa jam SSD Anda akan bertahan, tetapi itu akan memberi tahu Anda kemungkinan SSD Anda tidak berfungsi dalam masa garansi. Misalnya, jika MTBF SSD Anda adalah 1 juta jam, itu berarti kemungkinan kegagalannya adalah 0,03% dalam tahun garansi, bahkan jika Anda menggunakannya setidaknya delapan jam setiap hari—menurut WePC. Dengan kata lain, semakin tinggi jam MTBF, semakin kecil kemungkinan SSD Anda tidak berfungsi.

Jika Anda tidak memiliki lembar spesifikasi asli untuk memeriksa garansi dan jam MTBF, Anda dapat menggunakan CrystalDiskInfo untuk menemukan nomor model SSD Anda. Nomor model SSD Anda biasanya ditulis dengan huruf tebal tepat di atas detail Firmware. Atau, jika Anda menggunakan Windows, Anda dapat mengklik kanan pada disk lokal Anda, pilih Properti, dan temukan nomor model pabrikan SSD Anda di bawah Perangkat Keras.

Setelah Anda memiliki Nomor model produsen SSD Anda, Anda dapat Google dan menemukan lembar spesifikasi untuk mengetahui garansi dan jam MTBF. Semakin lama garansi pabrik dan jam MTBF dalam lembar spesifikasi, semakin lama masa pakai SSD Anda yang diprediksi.

Penutup

Karena SSD tidak memiliki bagian yang bergerak, mereka sangat andal. Faktanya, sebagian besar SSD dapat bertahan lebih dari lima tahun, sedangkan unit yang paling tahan lama melebihi sepuluh tahun.

Namun, berapa lama SSD Anda akan bertahan tergantung pada seberapa sering Anda menulis data ke dalamnya, dan Anda dapat menggunakannya untuk memperkirakan umur.

Post a Comment for " Cara memperkirakan sisa masa pakai SSD "