Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki widget yang tidak berfungsi di Windows 11

Banyak pengguna menyukai bagaimana Windows 11 memiliki panel widget yang dirancang dengan baik untuk akses cepat. Mereka bagus untuk memeriksa cuaca atau melacak investasi ekuitas Anda.

Namun, beberapa pengguna mungkin mengalami kesulitan menggunakan widget ini. Dalam kebanyakan kasus, mudah untuk memperbaiki masalah dan mengaktifkan dan menjalankan widget di Windows 11. Kami membahas beberapa perbaikan yang dapat anda coba dalam panduan ini jika widget Windows 11 Anda tidak berfungsi.

Cara Memperbaiki widget yang tidak berfungsi di Windows 11
 Cara Memperbaiki widget yang tidak berfungsi di Windows 11

1. Periksa apakah widget Anda diaktifkan

Hal pertama yang ingin Anda periksa adalah apakah widget diaktifkan di Windows. Secara default, widget diaktifkan jadi ini sebagian besar terjadi ketika Anda secara manual—secara tidak sengaja atau sebaliknya—menonaktifkan widget.

Anda dapat mengetahui apakah widget saat ini dinonaktifkan dengan melihat bilah tugas Anda. Jika Anda tidak melihat panel widget di bilah tugas, kemungkinan dinonaktifkan.

Anda dapat mengaktifkan kembali widget dari pengaturan Taskbar. Klik kanan pada taskbar dan pilih Taskbar settings. Cari Widget di bawah bagian item bilah tugas. Aktifkan tombol di sebelah widget. Melakukan hal ini harus mengaktifkan Widget di komputer Anda.

2. restart proses widget

Anda mungkin telah memulai ulang proses di Windows sebelumnya untuk memperbaiki aplikasi yang salah. Ini pada dasarnya adalah metode "turn it off and on again", tetapi untuk software. Jika proses widget macet atau tidak merespons karena alasan tertentu, memulai ulang harus memperbaikinya.

Tekan Ctrl + Shift + Esc untuk meluncurkan pengelola tugas. Pastikan tab Proses dipilih dari atas. Temukan proses bernama widget Windows. Pilih dan klik tombol end task di kanan bawah.

Luncurkan panel widget lagi dan, semoga, Widget sekarang berfungsi. Anda juga dapat me-restart PC Anda dan itu akan memiliki efek yang sama. Tetapi metode ini membantu Anda memperbaiki masalah tanpa mengganggu apa yang anda lakukan di komputer Anda saat ini.

3. Nonaktifkan dan aktifkan kembali driver grafis

Driver yang tidak berfungsi dapat menyebabkan panel widget tidak berfungsi. PC Anda membutuhkan driver grafis agar berfungsi dengan baik, tetapi menonaktifkannya untuk sementara mungkin menyelesaikan masalah. Jika ya, Anda akan tahu bahwa pengemudi adalah pelakunya.

Tekan Win + R, ketik devmgmt.msc, dan tekan Enter. Anda akan melihat Pengelola Perangkat terbuka. Cari kategori yang disebut Display adapters dan perluas/expand menu tersebut. Anda akan menemukan driver grafis yang tercantum di sini. Jika Anda melihat beberapa driver, lakukan tindakan selanjutnya untuk semuanya.

Klik dua kali pada driver dan pilih tab Driver dari atas. Klik tombol Nonaktifkan perangkat /disable device dan klik OK. Lakukan ini untuk semua driver.

Coba luncurkan panel widget dan lihat apakah itu berfungsi.

Jika ya, Anda dapat mengaktifkan kembali driver dengan mengklik Aktifkan perangkat di tab Driver.

Jika mengaktifkan kembali Driver menyebabkan masalah muncul kembali, coba perbarui driver grafis, atau putar kembali Driver jika Anda baru saja memperbaruinya.

4. Sign in dengan akun Microsoft

Anda harus masuk dengan akun Microsoft di Windows 11 agar widget berfungsi. Itu karena widget seperti kalender dan Cuaca menarik informasi dari akun Microsoft Anda agar berfungsi dengan baik.

Jika Anda menggunakan akun lokal, itu mungkin mengapa Anda tidak dapat membuat widget berfungsi. Anda dapat dengan mudah memperbaiki masalah dengan masuk menggunakan akun Microsoft Anda.

Tekan Win + I untuk meluncurkan aplikasi Pengaturan. Pilih akun dari bilah sisi kiri. Pilih info Anda dari panel kanan dan klik Sign in with a Microsoft account instead dari bawah account setting. Masukkan detail login anda dengan mengikuti petunjuknya.

Setelah masuk, Anda akan melihat opsi Akun Microsoft anda di bagian Akun di aplikasi Pengaturan.

5. Ubah Browser Default Anda ke Edge

Sekarang ada satu alasan lagi untuk menggunakan Microsoft Edge. Bahkan jika Anda menjadi terlalu nyaman dengan Chrome, Anda mungkin ingin mencoba Edge karena mereka sangat mirip.

Lebih penting lagi, pengaturan Edge sebagai browser default Anda mungkin hanya membuat widget Anda berfungsi. Beberapa widget di panel Anda mungkin bergantung pada Edge dan kecuali dapat diakses, widget tersebut mungkin tidak berfungsi.

Mengubah browser default pada Windows 11 cukup sederhana tetapi membutuhkan sedikit lebih banyak usaha daripada pada versi Windows sebelumnya. Alasannya? Windows 11 mengharuskan Anda memilih browser default berdasarkan jenis file.

Tekan Win + I, Pilih aplikasi dari bilah sisi kiri di aplikasi Pengaturan, dan klik aplikasi Default. Gulir daftar aplikasi dan klik browser default Anda saat ini.

Di sini, Anda akan melihat semua jenis file yang terbuka di browser. Klik pada setiap jenis file satu per satu dan pilih Microsoft Edge untuk mengaturnya sebagai default.

Setelah Anda mengatur browser default, tarik keluar panel widget dan lihat apakah widget berfungsi sekarang.

6. Instal Microsoft Edge WebView2

Beberapa widget mengandalkan Microsoft Edge WebView2, dan jika Anda tidak menginstalnya di PC, widget tersebut mungkin tidak berfungsi. WebView2 adalah teknologi yang dikembangkan Microsoft yang memungkinkan penyematan konten web (HTML, CSS, dan JavaScript) di aplikasi asli.

Jika tidak ada perbaikan yang berhasil untuk Anda sejauh ini, menginstal WebView2 mungkin membantu. Menginstalnya tidak sulit. Cukup kunjungi halaman Unduhan Microsoft Edge Webview2 dan pilih Unduh sekarang. Jalankan file yang diunduh dan ikuti panduan instalasi.

Setelah terinstal, restart PC dan lihat apakah widget berfungsi.

Penutup

Widget dapat dengan cepat memberi Anda gambaran umum tentang berbagai hal tanpa harus beralih melalui banyak aplikasi. Jika Anda terbiasa mengintip widget setiap beberapa menit, Masalah dengan widget mungkin membuat Anda gugup.


Dalam beberapa kasus, ini juga bisa menjadi masalah yang jauh lebih besar. Bayangkan widget Anda tiba-tiba berhenti bekerja ketika Anda melacak saham volatile pada widget.


Mudah-mudahan, Anda bisa membuat widget Anda berfungsi menggunakan salah satu metode ini. Hati-hati, meskipun. Menggunakan terlalu banyak widget dapat membutuhkan banyak sumber daya. Jika kinerja PC Anda menderita, Anda mungkin ingin menghapus beberapa widget.

Post a Comment for " Cara Memperbaiki widget yang tidak berfungsi di Windows 11"