Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki Webcam blur di Windows 11

 Cara Memperbaiki Webcam blur di Windows 11

webcam
Jika webcam Anda tidak melakukan yang terbaik di Windows 11, Berikut cara memperbaikinya.

Webcam blur di Windows 11 tentu sangat mengganggu kinerja. Terutama jika Anda memiliki panggilan konferensi video penting yang dijadwalkan. Kabar baiknya adalah anda bisa memperbaiki masalah tersebut dengan mudah, selama tidak ada masalah pada hardware nya.

Inilah cara yang dapat dicoba untuk memperbaiki webcam yang tidak kooperatif dan blur di Windows 11. Sebelum Anda me-restart perangkat Windows 11 Anda, Langkah awal yang perlu dilakukan adalah membersihkan webcam dengan lembut dengan kain mikrofiber lembab. Bersihkan lensa kamera hingga bersih. Anda bisa mulai membersihkan dari tengah ke luar, menggunakan gerakan melingkar untuk menghilangkan noda, kotoran, atau benda keras kepala dari webcam.

Jika webcam masih blur, anda bisa me-reboot perangkat Windows Anda. Opsi ini populer dilakukan, bertujuan untuk membebaskan RAM dan mengurangi penggunaan RAM pada Windows dengan memulai ulang semua proses yang berjalan.

Selain itu, jika Anda menggunakan webcam eksternal, dan Anda yakin itu kompatibel dengan Windows 11, periksa kembali apakah webcam Anda masih berfungsi dengan baik. Uji ini dengan melampirkan webcam eksternal Anda ke komputer lain dan menjalankan aplikasi kameranya. Jika gambar Masih Blur, inilah saatnya anda perlu keberanian untuk memperbaiki webcam dengan beberapa langkah.

1. Periksa masalah konektivitas Internet

Koneksi internet yang lemah dapat menyebabkan webcam blur. Jika Anda menggunakan koneksi internet yang buruk, itu dapat mengganggu kualitas video dan menyebabkan lag. Jadi jika webcam Anda berkinerja buruk selama obrolan online, mungkin dikarenakan kualitas internet yang buruk.

Untuk mengecek masalah internet, buka perangkat lunak offline seperti aplikasi kamera bawaan di Semua perangkat Windows. Jika webcam Anda berfungsi dengan baik tanpa koneksi internet, ada kemungkinan koneksi Anda yang bermasalah. Dengan demikian, Anda mungkin bisa beralih ke penyedia layanan internet yang lebih baik atau mencoba menyesuaikan panjang antara router Wi-Fi dan perangkat Anda untuk melihat apakah itu menyelesaikan masalah atau tidak.

2. Restart aplikasi kamera

Masalah webcam blur, bisa jadi berawsal dari kualitas aplikasi kamera itu sendiri. restart aplikasi dapat memperbaiki semua masalah terkait kamera dan pengaburan visual yang mengganggu kualitas gambar.

Untuk melakukan restart, ikuti langkah berikut:

  1. Klik kanan ikon start dan pilih Apps and Features.
  2. Temukan kamera dari daftar aplikasi yang tersedia dan klik tiga tombol di sebelahnya.
  3. Buka Opsi Advanced options > Repair.
  4. Jika webcam masih ngeblur, cari menu Reset berikutnya.
  5. Selanjutnya, anda akan menerima pesan pop-up yang mengonfirmasi jika Anda ingin melanjutkan. Tekan Reset lagi.

3. Instal Ulang Driver Kamera

Jika webcam Anda masih blur, bahkan setelah Anda mengatur ulang aplikasi kamera, driver webcam Anda kemungkinan sudah ketinggalan zaman. Anda dapat menginstal ulang driver webcam untuk mengatasi masalah ini. Berikut langkahnya:

  1. Buka Pengelola Perangkat dengan mengklik kanan mulai atau dengan menekan Win + R dan mengetik devmgmt.msc
  2. Temukan tab kamera dan perluas dengan mengklik panah di sebelahnya. Ini mengungkapkan semua perangkat kamera (built-in atau eksternal) yang terpasang ke perangkat Windows Anda.
  3. Klik kanan pada webcam nakal dari daftar dan pilih update driver.
  4. Ini melakukannya untuk banyak pengguna, tetapi jika masalah tetap ada untuk Anda, tekan Uninstall device next.
  5. Kotak dialog mungkin muncul dengan peringatan tetapi lanjutkan dengan memilih Copot Pemasangan lagi.

Setelah driver webcam Anda dihapus, restart PC Anda. Melakukannya akan meminta OS Anda untuk menemukan dan menginstal driver yang diperlukan lagi.

4. Instal ulang driver grafis

Jika masalah berlanjut, driver grafis mungkin menjadi penyebab webcam blur. Menginstal ulang driver grafis memerlukan proses yang hampir sama dengan menginstal ulang driver kamera, dan inilah cara Anda melakukannya:

  1. Klik kanan ikon start, lalu pilih Device Manager dari menu pop-up.
  2. cari Display adapters. Klik dua kali di atasnya.
  3. Klik kanan pada opsi yang muncul dan pilih Properties.
  4. pilih update driver
  5. Jika tidak berhasil, tekan Uninstall device next, dan restart PC Anda.

Jika Anda menggunakan kartu grafis eksternal, Anda dapat menemukan driver terbaru di situs web produsen Anda. Misalnya, situs web pengunduhan driver Nvidia dan situs web Driver resmi AMD berguna jika Anda memiliki kartu grafis Nvidia atau AMD.

5. Jalankan Camera Troubleshooter

Jika solusi sebelumnya tidak berhasil, menjalankan Camera Troubleshooter bawaan Windows 11 mungkin merupakan solusi yang layak. Ini akan secara otomatis Mendiagnosis dan memperbaiki apa pun yang tampaknya menyebabkan webcam blur.

Untuk menjalankanCamera Troubleshooter Windows 11:

  1. Tekan Win + I untuk membuka Pengaturan Windows.
  2. Arahkan ke System > System dan gulir hingga Anda menemukan Troubleshooter.
  3. Selanjutnya, buka Other Troubleshooter dan temukan kamera dari daftar aplikasi.
  4. Tekan Run dan biarkan Troubleshooter Kamera memperbaiki webcam blur Anda.

6. Periksa optional Updates

Memperbarui perangkat Windows Anda bisa menjadi pilihan terakhir yang baik ketika yang lainnya gagal. Karena pembaruan Windows Memperbaiki bug dan membawa patch keamanan, memperbarui perangkat Anda dapat menyelesaikan webcam blur, terutama jika bug bertanggung jawab untuk itu. Oleh karena itu, selalu ada baiknya memeriksa pembaruan opsional Windows untuk perbaikan webcam. Berikut adalah bagaimana Anda melakukannya:

  1. Buka Pengaturan dengan menekan Win + I.
  2. Dari menu di sebelah kiri, klik Windows Updates > Check for updates > Advanced options.
  3. Ketuk Optional updates di mana Anda akan melihat tampilan semua pembaruan yang tersedia. Pergi ke depan dan menginstal yang relevan.
  4. Setelah selesai, restart PC.

Penutup

Webcam telah menjadi kebutuhan untuk berbagai keperluan. Sehingga jika terdapat masalah pada webcam, mungkin akan sangat mengganggu. Ketika itu terjadi, mengikuti tips tersebut di atas adalah langkah terbaik yang dapat anda lakukan.


Post a Comment for " Cara Memperbaiki Webcam blur di Windows 11"