Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Melihat dan menghapus riwayat aktivitas Windows 10

 Cara Melihat dan menghapus riwayat aktivitas Windows 10

Windows mengumpulkan data tentang Anda dan aktivitas Anda. Pelajari cara menemukan dan menghapus riwayat aktivitas Windows Anda.

windows 10

 Cara Melihat dan menghapus riwayat aktivitas Windows 10


Windows 10 dan 11 mengumpulkan dan menyimpan riwayat aktivitas anda baik di komputer maupun ke cloud, dari riwayat penelusuran hingga informasi lokasi. Untungnya, Microsoft memudahkan untuk melihat semua data yang mereka simpan dan memungkinkan Anda untuk menghapusnya.

Mari kita jelajahi bagaimana Microsoft menyimpan data tentang Anda dan bagaimana Anda dapat melihat riwayat aktivitas Windows Anda.

  • Data Apa Yang Dilacak Windows?
  • Data yang dikumpulkan Windows meliputi:
  • Riwayat penjelajahan tepi
  • Riwayat Pencarian Bing
  • Data lokasi (jika diaktifkan)
  • Perintah suara Cortana
  • Penggunaan Windows untuk fitur Timeline

Aktivitas apa pun yang dikumpulkan melalui layanan tersebut juga disimpan jika Anda menggunakan perangkat Microsoft HealthVault atau Microsoft Band. Microsoft mengatakan mengumpulkan data ini untuk memberi Anda hasil yang lebih relevan dan konten yang bermanfaat.

Cara menghapus riwayat aktivitas Windows Anda

Anda dapat dengan mudah melihat data apa yang disimpan Microsoft dan cara menghapusnya.

Ada dua cara untuk menghapus aktivitas terbaru di Windows:

  1. Dari pengaturan komputer Anda.
  2. Dari akun Microsoft cloud Anda.
  3. Untuk melakukannya di komputer Anda, klik tombol pengaturan Pada Menu Mulai.
  4. Kemudian, klik Privasi.
  5. Di bilah kiri, pilih Riwayat Aktivitas.
  6. Di bawah Hapus Riwayat Aktivitas, klik tombol Hapus.
  7. Tindakan ini akan menghapus riwayat aktivitas untuk akun yang sedang Anda gunakan.

Jika Anda menggunakan Windows 11, antarmuka mungkin terlihat sedikit berbeda. Saat Anda pergi ke Pengaturan, Anda harus memilih privasi & keamanan dari bilah sisi kiri. Dari panel kanan, Anda harus memilih riwayat aktivitas.

Klik tombol Hapus di bawah bagian Hapus riwayat aktivitas, dan Anda selesai.

Anda juga harus menghapus data dari cloud. Untuk melakukannya, klik Kelola Data Aktivitas Akun Microsoft saya. Masuk ke akun Microsoft Anda dan Hapus semua jenis data aktivitas di cloud. Anda harus melakukan ini secara terpisah untuk setiap bagian. Misalnya, jika Anda ingin menghapus riwayat pencarian Anda, Anda harus memperluas bagian dan klik Hapus semua Riwayat Pencarian.

Cara menonaktifkan pelacakan aktivitas di Timeline Windows 10

Kembali pada tahun 2018, Microsoft menambahkan fitur Timeline baru yang melacak semua aktivitas terbaru Anda di Windows 10. Anda dapat melihatnya dengan menekan tombol ALT + Windows. Anda akan melihat semua jendela yang saat ini Anda buka, serta semua file yang telah Anda buka sebelumnya.

Aktivitas ini disinkronkan di antara semua perangkat Anda, jadi jika Anda lebih suka Windows tidak menyimpan aktivitas Anda, Anda harus menonaktifkan fitur ini.

Untuk melakukan ini, akses halaman riwayat aktivitas seperti yang anda lakukan di atas. Dari sini, hapus centang Simpan riwayat aktivitas saya di perangkat ini. Ini menghentikan Windows mengingat apa yang Anda lakukan di timeline Anda.

Kemudian, hapus centang Kirim Riwayat Aktivitas saya ke Microsoft untuk menghentikan pengiriman data anda ke server Microsoft. Sekarang kedua kotak tidak dicentang, Anda akan melihat kurangnya pelacakan aktivitas di masa mendatang.

Cara melihat semua riwayat aktivitas Windows 10

Jika Anda ingin melihat semua riwayat aktivitas di Windows 10, Anda dapat melakukannya di situs web privasi akun Microsoft. Anda akan melihat berbagai kategori saat mengakses situs web dan masuk. Masing-masing akan membawa anda ke halaman yang menunjukkan semua informasi yang disimpan Microsoft tentang Anda terkait dengan kategori tersebut.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan di halaman ini, jadi inilah ikhtisar singkat dari setiap kategori dan yang harus Anda periksa.

Kategori Riwayat Aktivitas Windows 10

Riwayat penjelajahan menangani data yang Anda simpan melalui penjelajahan browser Microsoft, Edge. Dengan demikian, jika Anda hanya menggunakan Edge untuk mengunduh Firefox atau Chrome, Anda mungkin tidak akan menemukan banyak data di sini. Jika Edge adalah browser utama Anda, lihat untuk melihat kebiasaan browsing apa yang disimpan di sini.

Riwayat Pencarian hanya berguna jika Anda menggunakan Bing. Ketika Anda menggunakan mesin pencari seperti Google, mereka cenderung "mengingat" apa yang Anda cari untuk meningkatkan pengalaman Anda. Microsoft menggunakan data pencarian Anda untuk menyesuaikan hasil pencarian yang lebih baik, jawaban Cortana, dan saran pencarian di masa mendatang.

Aktivitas lokasi mencakup waktu ketika Anda membiarkan perangkat Windows mendapatkan akses ke lokasi Anda. Ada baiknya untuk memeriksa ulang bagian ini untuk melihat apakah Windows menyimpan lokasi Anda.

Aktivitas bicara harus menjadi prioritas utama jika Anda pernah menggunakan Cortana sebelumnya. Di sini, Anda akan menemukan klip tersimpan dari Anda yang memberikan perintah ke Cortana, yang digunakan oleh Microsoft untuk pengenalan ucapan yang lebih baik.

Aktivitas Media adalah tempat Microsoft mengawasi apa yang Anda suka tonton untuk melanjutkan Rekomendasi Anda. Jika Anda mendapatkan saran aneh karena sesuatu yang ditonton orang lain, ada baiknya Anda memeriksanya.

Aplikasi dan layanan mencakup cara Anda menggunakan produk Microsoft. Kategori ini terbagi menjadi dua bagian; Aktivitas untuk tindakan yang telah Anda lakukan dan kinerja untuk log sistem.

Anda juga dapat mengklik tab Riwayat Aktivitas untuk melihat daftar lengkap semua tipe data: suara, pencarian, riwayat penelusuran, dan informasi lokasi. Microsoft juga memudahkan untuk memfilter ke setiap kategori dengan mengkliknya.

Cara menggunakan Windows 10 dan menjaga privasi Anda

Microsoft sangat ingin membuat semua orang menggunakan Windows 10 secepat mungkin, beralih ke menawarkan peningkatan gratis untuk mendorong migrasi. Namun, pengguna tidak pernah menganggap Windows 10 sebagai benteng privasi. Sejak dirilis, pengguna telah menemukan cara bahwa sistem operasi melacak apa yang anda lakukan.

Dengan demikian, orang yang berpikiran Privasi mungkin merasa tidak nyaman karena PC baru mereka memiliki Windows 10. Jika Anda lebih suka tidak membersihkan drive untuk menginstal sistem operasi yang berbeda, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi data yang dikumpulkan Microsoft tentang Anda.

Sayangnya, tidak ada peluru perak untuk privasi Windows 10. Langkah-langkah yang disarankan berkisar dari opsi pengaturan selama pengaturan OS awal hingga menginstal alat pihak ketiga untuk mengawasi semuanya.

Topik menjaga privasi Anda saat menggunakan Windows 10 sangat besar sehingga layak mendapatkan panduannya sendiri. Pastikan untuk memeriksa panduan lengkap kami untuk pengaturan privasi Windows 10 untuk ikhtisar lengkap.

PENUTUP

Windows 10 bukanlah pilihan utama advokat privasi untuk sistem operasi, tetapi Anda dapat memantau data Anda dan mengubah pengaturan privasi sesuai dengan kebutuhan anda. Sekarang Anda tahu cara melihat data yang dimiliki Microsoft tentang Anda dan cara menghapusnya.

Sekarang data Anda di Windows 10 aman, saatnya untuk memastikan bahwa semua program dan pengaturan pada PC Anda sama-sama kuat. Anda dapat melakukan banyak hal untuk meningkatkan keamanan komputer Anda, seperti mencopot pemasangan Flash dan membuat titik pemulihan.

Post a Comment for " Cara Melihat dan menghapus riwayat aktivitas Windows 10"