Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

8 Pengaturan Android Yang Harus dicoba mulai Sekarang

 8 Pengaturan Android Yang Harus Anda Ubah Sekarang

Tidak masalah jika Anda seorang pemula atau veteran Android berpengalaman, ini adalah beberapa penyesuaian yang ingin Anda lakukan pada pengaturan Android Anda.

Android hadir dengan banyak fitur, tetapi tidak semuanya diaktifkan di luar kotak. Dengan set fitur yang terus berkembang, mudah untuk melewatkan pengaturan Android yang terkubur dalam yang dapat meningkatkan pengalaman Anda.

8 Pengaturan Android Yang Harus dicoba mulai Sekarang
 berikut adalah beberapa perubahan yang harus anda lakukan di menu pengaturan Android

Apakah anda ingin menyempurnakan privasi dan keamanan Anda atau meningkatkan kinerja, berikut adalah beberapa perubahan yang harus anda lakukan di menu pengaturan Android.

Beberapa pengaturan mungkin terletak di jalur yang berbeda dan beberapa menu mungkin diberi nama berbeda tergantung pada produsen ponsel Anda. Cara mudah untuk menemukan pengaturan yang sesuai pada perangkat Android apa pun adalah dengan menggunakan opsi pencarian di Pengaturan.

1. Sembunyikan pemberitahuan dari layar kunci

Seperti yang Anda ketahui, Anda dapat berinteraksi dengan notifikasi dari berbagai aplikasi langsung dari layar kunci. Sementara ini nyaman, itu juga berarti bahwa siapa pun dapat pergi melalui pemberitahuan Anda—bahkan ketika ponsel Anda terkunci. Untungnya, ada opsi untuk menyembunyikan konten notifikasi di layar kunci.

Pertama, Anda perlu mengamankan ponsel Android Anda dengan kata sandi, pola, atau PIN. Setelah Anda melakukannya, berikut cara menyembunyikan konten notifikasi.

  1. Buka Pengaturan > Pemberitahuan (atau Pusat Pemberitahuan).
  2. Pilih Layar Kunci di bawah gaya pemberitahuan.
  3. Ketuk " Pemberitahuan untuk ditampilkan "dan pilih"Tampilkan pemberitahuan tetapi Sembunyikan konten". Pengaturan ini akan berlaku untuk semua aplikasi Anda.
  4. Untuk mematikan pemberitahuan layar kunci untuk masing-masing aplikasi, Gunakan tombol Matikan.

Sekarang, notifikasi Anda hanya akan menampilkan nama aplikasi alih-alih menampilkan pesan yang sebenarnya. Anda harus membuka kunci perangkat untuk melihat pesan.

2. Berhenti Melihat Iklan Yang Dipersonalisasi

Ada sejumlah hal mengejutkan yang diketahui Google tentang Anda. Sistem pelacakannya yang besar adalah alasan mengapa Anda melihat iklan yang disesuaikan dengan tepat. Misalnya, jika Anda mencari di desktop Anda tentang earphone peredam bising, Anda mungkin dengan cepat mulai melihat iklan untuk mereka di seluruh web.

Jika Anda paranoid tentang privasi Anda, ada cara mudah untuk mengambil sedikit lebih banyak kontrol itu.

  1. Buka Pengaturan.
  2. Arahkan ke Google > Iklan.
  3. Ketuk Hapus ID iklan dan tekan Hapus ID iklan di halaman berikutnya.

Perhatikan bahwa meskipun Anda masih akan melihat iklan di aplikasi Android yang didukung iklan, iklan tersebut tidak akan didasarkan pada minat Anda.

3. Konfigurasikan batas waktu layar dan perilaku penguncian

Secara default, layar ponsel Android Anda mati secara otomatis setelah periode tidak aktif untuk membantu memperpanjang masa pakai baterai Anda. Tapi layar kunci hanya menendang beberapa detik kemudian. Orang nakal berpotensi mengakses perangkat Anda yang tidak terkunci jika Anda membiarkannya tanpa pengawasan selama periode ini.

Disarankan untuk menurunkan batas waktu layar Anda. Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > batas waktu layar. Pilih jumlah detik terendah yang dapat diterima setelah itu layar Anda akan mati.

Setelah Anda menurunkan batas waktu layar, saatnya untuk memaksa layar kunci masuk segera setelah layar dimatikan.

  1. Untuk melakukannya, navigasikan ke Pengaturan > Keamanan dan pilih ikon roda gigi di sebelah kunci layar.
  2. Buka kunci setelah batas waktu layar dan pilih segera.
  3. Pada halaman yang sama, mengaktifkan tombol Power langsung mengunci.

4. Mengubah server DNS ponsel Anda

DNS, atau sistem Nama Domain, diperlukan untuk terhubung ke berbagai situs web di internet. Ini seperti buku telepon internet. Tweaking DNS dapat meningkatkan kecepatan internet Anda dan pengalaman browsing Anda secara keseluruhan. Berikut adalah bagaimana Anda dapat Mengubah DNS di Pengaturan Android:

  1. Arahkan ke Pengaturan > Koneksi lainnya.
  2. Di sini Anda akan melihat opsi untuk memasukkan DNS pribadi. Ketuk di atasnya.
  3. Masukkan nama host DNS di bawah nama host penyedia DNS pribadi.

Dua server DNS populer adalah GOOGLE DNS dan Cloudflare DNS. Berikut adalah nama host untuk server DNS ini:

  • Google DNS: dns.google
  • Cloudflare: satu.satu.satu.satu

5. Aktifkan baris angka persisten di Gboard

Jika pekerjaan Anda melibatkan berurusan dengan angka, itu bisa rumit untuk beralih keyboard Anda antara nomor dan modus alfabet.

Jika Anda menggunakan Gboard, yang kami kira sebagian besar dari Anda lakukan, Anda dapat mengaktifkan baris angka persisten di bagian atas keyboard Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk memanfaatkan layar real estate tumbuh pada perangkat mobile.

  1. Buka Gboard dan ketuk ikon roda gigi untuk masuk ke pengaturan keyboard Gboard.
  2. Ketuk Preferensi.
  3. Aktifkan nomor baris.

Anda akan melihat baris angka persisten di bagian atas keyboard Anda.

6. Aktifkan lampu malam atau perawatan mata

Menggunakan smartphone Anda untuk waktu yang lama dapat mengambil korban pada penglihatan dan tidur. Ini bisa disebabkan oleh kecerahan dan nada warna layar Anda. Jadi, cara terbaik untuk melindungi mata dan pola tidur Anda adalah dengan mengaktifkan opsi lampu malam di Pengaturan Android.

  1. Arahkan ke Pengaturan > Tampilan & Kecerahan.
  2. Pilih lampu malam, yang juga dapat disebut sesuatu seperti perawatan mata.
  3. Anda dapat langsung menyalakannya atau menjadwalkannya agar secara otomatis diaktifkan dari matahari terbenam hingga matahari terbit.

Pilihan ini tints amber layar Anda sehingga lebih cocok untuk melihat dan membaca, dan mengurangi silau dalam kondisi cahaya rendah. Ini kemungkinan besar juga akan membantu Anda tertidur.

7. Nonaktifkan dan Sembunyikan aplikasi yang tidak diinginkan di ponsel Anda

Ponsel Android oleh berbagai produsen sudah diinstal sebelumnya dengan banyak aplikasi yang mungkin tidak anda perlukan. Beberapa aplikasi ini mungkin juga mendorong pemberitahuan yang mengganggu sesekali. Jadi, mari kita lihat bagaimana Anda dapat menangani semua bloatware ini dari dalam pengaturan:

  1. Arahkan ke Pengaturan > Aplikasi.
  2. Buka Lihat Semua Aplikasi untuk membuka daftar aplikasi yang diinstal.
  3. Ketuk aplikasi yang tidak Anda inginkan, untuk membuka pengaturan aplikasinya.
  4. Jika Anda hanya ingin menonaktifkan notifikasi, ketuk Notifikasi dan matikan.
  5. Anda juga dapat menonaktifkan aplikasi sama sekali dengan mengetuk Paksa berhenti dan kemudian Nonaktifkan di bagian bawah layar.

Anda harus berhati-hati saat menonaktifkan aplikasi sepenuhnya karena menonaktifkan aplikasi sistem dapat merusak ponsel Anda. Pastikan apa yang Anda nonaktifkan adalah sesuatu yang tidak terkait dengan fungsionalitas sistem.

8. Tweak Opsi Pengembang

Terlepas dari pengaturan biasa, Opsi Pengembang Android menampilkan beberapa pengaturan lanjutan yang dapat anda mainkan. Opsi Pengembang mungkin ditujukan untuk pengembang, tetapi ini adalah tambang emas pengaturan yang bahkan dapat digunakan oleh pengguna biasa.

Misalnya, Anda dapat men-tweak kecepatan animasi untuk membuat ponsel Anda merasa snappier, mengatur lokasi pura-pura dan Palsu Lokasi GPS Anda, atau mengaktifkan USB debugging untuk mengirim perintah dari komputer Anda ke perangkat Android Anda.

Kami telah membahas secara ekstensif beberapa opsi pengembang Android yang harus Anda ubah, jadi periksalah.

Penutup

Mengutak-atik pengaturan ini akan membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari perangkat Android Anda, tanpa secara dramatis mengubah cara Anda menggunakan sistem operasi favorit Anda. Baik Anda ingin melindungi privasi atau meningkatkan pengalaman Android sehari-hari, hanya beberapa penyesuaian yang Anda butuhkan.

Post a Comment for " 8 Pengaturan Android Yang Harus dicoba mulai Sekarang"