Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

7 Cara Memperbaiki Keyboard mengetik banyak huruf di Windows 10

7 Cara Untuk Memperbaiki Keyboard yang mengetik banyak huruf di Windows 10

Keyboard yang error seperti mengetik sendiri tanpa disentuh merupakan hal yang mejengkelkan. 

Ada banyak error lanjutan yang disebabkan karena keyboard yang error, misalnya menambah sortcut sendiri, padahal kita tidak mengingkannya. Atau misalnya menyebabkan tulisan yang telah diketik menjadi berantakan atau yang terparah menyebabkan beberapa file dalam komputer mejadi hilang atau terhapus, bisa saja!

keyboard
cara memperbaiki keyboard error

Jika keyboard Anda terus mengetik banyak huruf sekaligus di Windows 10, mungkin ada beberapa alasan di balik itu. Berikut cara memperbaikinya.

1. Restart PC Anda

Saat melalui proses pemecahan masalah apa pun, memulai ulang PC Anda harus menjadi solusi pertama. Melakukan ini mungkin cukup untuk memperbaiki masalah karena menghapus data apa pun yang memperlambat perangkat Anda dan menghentikan tugas apa pun yang menghabiskan terlalu banyak RAM.

Juga, reboot mungkin memperbaiki beberapa perangkat keras dan perangkat periferal. Jika komputer Anda baru saja mengunduh pembaruan, Anda harus memulai ulang untuk memastikan kelancaran fungsi.

2. Periksa dan pastikan tak ada debu pada Keyboard Anda 

Jika keyboard Anda agak tua, mungkin sudah mengumpulkan cukup debu atau kotoran untuk menghentikannya bekerja dengan baik, terutama jika Anda lebih suka menggunakan keyboard mekanis. Jika menurut Anda ini adalah penyebab masalah Anda, Anda perlu membersihkan keyboard Anda dengan baik. Sayangnya, ini lebih jauh daripada membalikkan keyboard Anda dan mengeluarkan semua debu.

Untuk keyboard mekanis, anda dapat menggunakan penarik kunci untuk melepas kunci dan membersihkannya secara menyeluruh atau menggunakan peniup udara kecil. Jika keyboard Anda adalah bagian dari laptop, itu mungkin pertanda bahwa anda juga perlu membersihkan bagian dalamnya.

Juga, koneksi yang tidak tepat bisa menjadi penyebab masalah Anda. Jika Anda menggunakan keyboard USB, lepaskan dan sambungkan kembali atau gunakan port USB yang berbeda.

3. Jalankan Windows 10 Keyboard Troubleshooter

Anda dapat menggunakan pemecah masalah bawaan Windows 10 untuk memperbaiki beberapa masalah perangkat keras. Ikuti langkah-langkah ini untuk menjalankan pemecah masalah keyboard:

  • Klik kanan Start > Settings (atau tekan Win + I).
  • Buka Update & Security > Troubleshoot > Additional troubleshooters.
  • Dari bagian find and fix other problems, pilih Keyboard > Run the troubleshooter.
  • Ikuti instruksi yang ditampilkan.

4. Jalankan Windows Security Tool

Anda dapat menggunakan keamanan Windows untuk memindai laptop atau PC Anda dari file berbahaya atau rusak yang dapat menghambat fungsionalitas keyboard. Berikut adalah bagaimana Anda dapat melakukannya:

Buka settings/Pengaturan, lalu klik Update & Security.

Dari panel kiri, pilih Windows Security > Open Windows Security > Virus and threat protection.

Klik tombol Quick scan. Windows 10 akan menghapus file berbahaya yang terdeteksi.

Setelah pemindaian selesai, uji keyboard Anda.

5. Perbarui Driver Keyboard

Driver keyboard Anda mungkin usang atau rusak itulah sebabnya ada beberapa masalah komunikasi antara keyboard dan PC. Untuk memperbaikinya, Anda harus memperbarui driver:

  1. Klik kanan Start > Device manager.
  2. Perluas menu Keyboard.
  3. Klik kanan driver dan pilih update driver.

Jika ini tidak memberikan hasil apapunapa pun, Cari pabrikan dan nomor model keyboard Anda dan cari driver di situs web resmi perusahaan. Anda biasanya dapat menemukan keduanya pada Stiker di keyboard itu sendiri. Jika gagal, Cari kemasan atau temukan tanda terima pembelian untuk informasi lebih lanjut.

6. Periksa Pengaturan Bahasa Windows 10

Windows 10 mendeteksi bahasa input default pada perangkat Anda tetapi terkadang tidak melakukannya dengan benar. Ini kemudian dapat menyebabkan masalah terkait keyboard. Berikut adalah bagaimana Anda dapat memastikan Anda dan sistem Anda berbicara bahasa yang sama:

  1. Buka settings/Pengaturan.
  2. Buka Time & Language > Language Keyboard.
  3. Di bagian Override for default input method, gunakan menu drop-down untuk memilih bahasa pilihan Anda.

Selain itu, Anda harus menghapus paket bahasa tambahan atau bahasa keyboard yang tidak Anda gunakan. Buka Menu Bahasa menggunakan langkah-langkah di atas dan gulir ke bawah ke Preferred languages. Di sana, klik bahasa yang tidak Anda gunakan atau instal secara tidak sengaja dan pilih remove.

7. Mengubah Keyboard Repeat Delay

Di Windows 10, Anda dapat menggunakan pengaturan keyboard untuk mengubah penundaan pengulangan kuncinya dari pendek ke panjang. Ikuti langkah-langkah ini untuk menunda waktu antara penekanan tombol berulang:

  1. Di  pencarian Menu start , cari control panel dan pilih Best match.
  2. Buka Menu View by menu dan pilih Large icons or Small icons.
  3. Pilih Keyboard untuk mengakses propertinya.
  4. Klik Apply > OK  untuk menyimpan pengaturan baru.

Penutup

Mungkin sulit untuk mengidentifikasi penyebab pasti keyboard Anda mengetik banyak huruf. Untungnya, ada beberapa solusi yang dapat anda coba sehingga anda dapat kembali menulis tanpa kesalahan. Jika Anda mencoba sesuatu dalam daftar dan keyboard Anda masih memiliki pikirannya sendiri, mungkin inilah saatnya untuk menggantinya.

Post a Comment for "7 Cara Memperbaiki Keyboard mengetik banyak huruf di Windows 10"