Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Upgrade Windows 8.1 ke Windows 11

Cara Upgrade Windows 8.1 ke Windows 11

Tidak ada sistem operasi atau software dibuat untuk digunakan selamanya, tidak terkecuali sistem operasi windows 8.1. Microsoft telah memutuskan untuk mengakhiri dukungan untuk Windows 8.1 pada 10 Januari 2023, setelah itu sistem operasi ini tidak akan lagi menerima pembaruan keamanan atau pemeliharaan.

windows 8
Cara Upgrade Windows 8.1 ke Windows 11

Jika Anda khawatir PC Anda akan rentan terhadap ancaman setelah dukungan kedaluwarsa, Anda harus mempertimbangkan untuk meningkatkan ke sistem operasi desktop terbaru Microsoft, Windows 11.

Mengapa Anda harus meningkatkan dari Windows 8.1 ke Windows 11?

Microsoft tidak akan lagi mendukung Windows 8.1 setelah tanggal akhir masa pakainya (EOL). Meskipun ini tidak membuat PC Anda benar-benar tidak berharga, menggunakan versi Windows yang tidak didukung mungkin bukan ide yang baik.

Sebagai permulaan, Windows 8.1 akan berhenti menerima patch keamanan atau pembaruan teknis setelah tanggal cutoff berlalu. Ini akan membuat PC Anda rentan terhadap virus berbahaya, spyware, dan perangkat lunak berbahaya lainnya. Tentu saja, Anda dapat menggunakan program antivirus untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh pembaruan keamanan yang dihentikan, tetapi itu hanya akan membuat Anda sejauh ini.

Masalah lain mungkin juga berakhir melumpuhkan PC Anda. Misalnya, akan menjadi semakin sulit untuk menemukan perangkat lunak yang kompatibel dengan sistem operasi lama. Program tertentu termasuk aplikasi Microsoft 365, akan berhenti menerima pembaruan. Jika Anda terus menggunakan aplikasi Microsoft 365 di Windows 8.1, kemungkinan besar Anda akan menemukan masalah kinerja dan keandalan dari waktu ke waktu.

Semua hal dipertimbangkan, jika Anda memiliki opsi, Anda pasti harus meningkatkan dari Windows 8.1 sebelum dukungan berakhir. Jika Anda memutuskan untuk memutakhirkan, peningkatan keamanan Windows 11 Atas Windows 10 adalah alasan yang cukup untuk memilih versi yang lebih baru. Dan jika Anda masih Tidak yakin, lihat perbedaan antara Windows 10 dan 11 untuk melihat apa yang berbeda.

Minimum Requirements untuk upgrade ke Windows 11

Windows 11 mengungguli pendahulunya di hampir setiap kategori penting, termasuk kecepatan, keamanan, kompatibilitas, dan sebagainya. Tidak mengherankan, sistem operasi yang begitu kuat mengharuskan penggunaan perangkat keras yang sesuai.

Berikut adalah persyaratan minimum yang harus dipenuhi PC Anda untuk menjalankan Windows 11.

  1. CPU: 64-bit, dual-core, setidaknya 1 GHz
  2. Memori: 4 GB
  3. Penyimpanan: 64 GB atau lebih
  4. Firmware sistem: UEFI, Boot Aman mampu
  5. GPU: DirectX 12-kompatibel / WDDM 2.x
  6. TPM: Modul Platform Tepercaya (TPM) versi 2.0

Anda juga dapat memeriksa apakah PC Anda memenuhi persyaratan di atas dengan mengunduh Alat WhyNotWin11.

Namun, semua tidak hilang jika PC Anda tidak memenuhi semua persyaratan ini. Anda masih dapat menginstal Windows 11 di mesin yang tidak didukung menggunakan file ISO. Yang mengatakan, PC Anda masih perlu memiliki TPM 1.2 (bukan persyaratan sistem minimum TPM 2.0) dan firmware UEFI dengan Boot Aman diaktifkan agar ini berfungsi.

Cara Upgrade dari Windows 8.1 ke Windows 11

Kabar baiknya adalah Anda dapat langsung meningkatkan dari Windows 8.1 ke Windows 11. Plus, Anda tidak akan kehilangan data dan aplikasi Anda karena peningkatannya tidak merusak. Namun, selalu merupakan ide yang baik untuk menggunakan aplikasi cadangan Windows untuk membuat cadangan penuh sebelum melanjutkan.

Sebelum Anda dapat melanjutkan dengan instalasi, Anda harus mengedit registri Windows untuk melewati persyaratan instalasi Windows 11. Berikut adalah cara untuk melakukannya.

  1. Tekan Win + R untuk membuka dialog Run. Ketik regedit di kotak teks, dan tekan Enter.
  2. Pilih Ya ketika prompt Kontrol Akun Pengguna (UAC) muncul.
  3. Gunakan panel kiri untuk menavigasi ke HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > Setup > MoSetup.
  4. Klik kanan pada tombol MoSetup dan pilih Baru > Nilai DWORD (32-Bit). Beri nama AllowUpgradesWithUnsupportedTPMOrcpu.
  5. Klik dua kali DWORD yang baru dibuat dan ubah data nilainya menjadi 1. Kemudian, tekan OK.
  6. Keluar dari jendela Registry Editor dan restart PC Anda untuk menerapkan perubahan.

Komputer Anda sekarang siap untuk menginstal Windows 11 meskipun tidak memenuhi persyaratan minimum.

Untuk memutakhirkan dari Windows 8.1 ke Windows 11 menggunakan file ISO, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh file ISO Windows 11 dari halaman Unduhan Microsoft Windows 11.
  2. Klik kanan pada file ISO dan pilih Mount untuk membuat disk virtual yang dapat di-boot.
  3. Arahkan ke drive yang terpasang dan klik dua kali pengaturan.berkas exe.
  4. Klik Berikutnya.
  5. Klik tombol terima setelah membaca persyaratan lisensi.
  6. Klik tombol INSTAL untuk memulai proses instalasi.

PENUTUP

Itulah tadi pembahasan tentang bagaimana cara upgrade dari Windows 8.1 ke Windows 11 dengan mudah. Namun, jika PC Anda sudah sedikit jadul, Anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk membeli PC baru yang kompatibel dengan Windows 11 untuk mendapatkan pengalaman terbaik.

Post a Comment for "Cara Upgrade Windows 8.1 ke Windows 11"