Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENTINGNYA ILMU BANTU DALAM SEJARAH



Ilmu sejarah tidaklah berdiri sendiri. Dalam mempelajari sejarah dibutuhkan ilmu bantu dari ilmu ilmu lain. Pentingnya ilmu bantu bagi sejarah adalah untuk mendapatkan pemahaman secara komprehensif tentang permasalahan yang sedang dipelajari dan diulas.

Sebagai contoh sederhana, untuk memahami masa pra aksara, ilmu sejarah membutuhkan ilmu bantu, misalnya ilmu tentang stratigrafi (lapisan tanah), ilmu geologi, ilmu arkeologi, antropologi, bahkan biologi.

Pun demikian ketika kita mempelajari tentang sejarah pada masa klasik, tentu kita mesti membutuhkan ilmu bantu yang lain, misalnya tentang ilmu numismatika (ilmu tentang mata uang), ilmu tentang ekonomi, arkeologi, dan ilmu yang lain.


Mengingat kehidupan manusia bersifat multidimensional, cakupan studi dalam Ilmu Sejarah cukup luas antara lain meliputi bidang politik, ekonomi, sosial, kebudayaan, agama, pendidikan, dll.
Yang menjadi dasar keahlian sejarah adalah: metode sejarah, teori dan metodologi sejarah, historiografi Indonesia, historiografi umum, bahasa Belanda, sejarah lisan/lokal, filsafat sejarah, praktek penelitian sejarah, seminar, sejarah Indonesia. Disamping itu beberapa mata kuliah ilmu bantu seperti: antropologi, sosiologi, ilmu politik, museologi, ilmu perpustakaan dan kearsipan, yang sifatnya membantu pengkajian sejarah. Selanjutnya, dibantu juga dengan beberapa mata kuliah sejarah yang tematis seperti: sejarah sosial, sejarah ekonomi, sejarah media massa, sejarah maritim, sejarah agraria, dll., pembahasannya lebih difokuskan pada bagaimana mengkaji satu aspek pengalaman manusia meskipun tentu saja tidak meninggalkan substansinya.

berikut merupakan contoh ilmu bantu sejarah

PALEONTOLOGI : mengkaji fosil-fosil 
* PALEOANTROPOLOGI : mempelajari manusia purba 
* ARKEOLOGI : penggalian / ekskavasi artefak atau ekofak 
* PALEOGRAFI : mengkaji tentang tulisan kuno 
* EPIGRAFI : ilmu yang mengkaji tulisan kuno, hanya saja perbedaannya dengan paleografi pada materi yang digunakan untuk menulis (batu, logam, gading) 
* IKONOGRAFI :yaitu ilmu tentang patung-patung kuno yang berasal dari jaman prasejarah 
* NUMISMATIK : ilmu yang mempelajari mata uang 
* ILMU KERAMIK : mengkaji tentang hasil keramik (tembikar, porselein) 
* GENEALOGI : pengetahuan mengenai asal usul nenek moyang 
* FILOLOGI : mempelajari naskah-naskah kuno 
* ETNOGRAFI: mempelajari suku bangsa tertentu

Post a Comment for "PENTINGNYA ILMU BANTU DALAM SEJARAH"

Berlangganan via Email